Anggota Baru Satpol PP Dibekali Bela Diri

Puluhan anggota baru Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Wonosobo dibekali ilmu bela diri dari Kodim 0707/Wonosobo. Pembekalan bela diri dinilai penting, guna mempertahankan diri saat bertugas menghadapi massa. Satpol PP dinilai merupakan pasukan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Wonosobo yang berhubungan langsung dengan masyarakat.

Pelatih Bela Diri Kodim 0707/Wonosobo, Serma Sutardi menyampaikan pelatihan bela diri tersebut dapat berguna bagi anggota Satpol PP untuk melatih kedisiplinan mereka. Pelatihan bela diri diperlukan agar setiap anggota atau pegawai Satpol PP mampu mempertahankan diri, bilamana di lapangan dihadapkan pada situasi yang kadang dituntut untuk bisa membela atau menolong orang yang terdesak," ujarnya.

Selain itu pelatihan bela diri juga bertujuan untuk menambah wawasan anggota baru, agar mampu mengaplikasikan dan menegakkan peraturan daerah sebagai mana fungsi utamanya sebagai satuan penegak perda. "Kegiatan semacam ini harus rutin dilaksanakan agar dapat memantau dan mengawasi kualitas seorang anggota Satpol PP dalam kesiapannya melaksanakan tugas penertiban dan penegakkan perda," tutur dia.

Sementara itu Kepala Satpol PP Wonosobo, Haryono juga menyampaikan dengan latihan bela diri yang rutin dan konsisten, para anggota Satpol PP akan mampu menjadi yang terdepan dalam menjalankan tugas secara profesional dan berwibawa. Selain itu, tangguh dalam menjalankan tugas sebagai penegak perda, dan memiliki mental yang kuat, fisik yang sehat serta mampu berinteraksi dengan masyarakat.

Tentunya melalui pendekatan persuasif dan juga untuk melatih kekompakan, jiwa korsa, serta menguatkan fisik mereka. Selain itu juga sebagai penyempurnaan pengabdian dengan ilmu pengetahuan dan ilmu keprajuritan, diharapkan dapat menjadikan para peserta memiliki kepribadian yang militan, cerdas, dan mampu menjadikan pribadi yang berguna bagi masyarakat.

Ia menambahkan tatihan bela diri bukan untuk gagah-gagahan, bukan untuk jagoan tetapi digunakan untuk menjaga diri apabila berhadapan dengan massa. Bela diri tidak boleh digunakan untuk menyakiti orang lain. Bela diri harus dilakukan dan dimafaatkan secara bijak. Semoga setelah ini mereka menjadi pribadi yang lebih dewasa, memiliki kepribadian yang matang, arif dan bijaksana dalam menyikapi segala situasi dengan berfikir cerdas dan proporsional.