Truk Tronton Pengangkut Besi 30 Ton Tabrak Pulau Jalan

Sebuah truk tronton bernomor polisi R-1832-DB, menabrak pulau jalan di depan Pos Patwal Persimpangan Prajuritan Bawah Wonosobo, Minggu (10/2) sekitar pukul 08.30. Diduga tronton bermuatan besi seberat 30 ton itu tidak berhasil bermanuver secara sempurna, sehingga sewaktu akan menikung ke kiri ke arah wilayah Kertek, tronton malah tetap menerobos ke pulau jalan.

Beruntung dalam peristiwa tersebut tidak ada korban luka maupun jiwa. Karena pada saat kejadian situasi arus lalu lintas sedang relatif sepi. Truk tronton hanya mengalami kerusakan ringan. Informasi yang dihimpun truk tronton bermuatan besi itu dikendarai Juni Suwardi (44), warga Karangpucung RT 01 RW 12 Kelurahan Jatipuro Kecamatan Trucuk, Kabupaten Klaten.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Wonosobo AKP SS Udiono melalui Kepala Unit Laka Lantas Ipda Sudar, kronologis kejadian, truk tronton tersebut meluncur dari Jalan Sabuk Alu, saat melintasi di Persimpangan Prajurutan Bawah, saat hendak ke arah Kertek, tronton tak dapat bermanuver secara maksimal. Dimungkinkan karena telat bermanuver, sehingga kendaraan membentur pulau jalan.

"Beruntung kendaraan dari arah kota yang hendak melintasi Jalan S Parman dalam kondisi sepi. Namun demikian karena posisi truk melintang setengah badan jalan, menyebabkan kemacetan arus lalu lintas dari arah kota maupun Jalan Sabuk Alu. Kami bergerak cepat melakukan penanganan laka dengan memasang kerucut dan mengatur arus lalu lintas agar tidak semakin parah," tutur dia.

Terkait hal itu, truk berhasil dievakuasi petugas sekitar pukul.10.30. Setelah proses evakuasi selesai dilakukan, arus lalu lintas bisa kembali lancar. "Untuk korban jiwa nihil, sementara arus lalin lancar kembali. Kami mengimbau pengendara bisa berhati-hati dan selalu mengemudi dengan perhitungan matang. Apalagi saat ini sering terjadi hujan, jadi jalan rawan mengalami licin," imbaunya.